Kampung Batu, Deretan Bukit Purba

Kampung Batu merupakan objek wisata alam pendukung Kampung Wayang Kepuhsari. Terletak di selatan Desa Kepuhsari, Kecamatan Manyaran, Kabupaten Wonogiri, objek wisata ini berdekatan dengan Air Terjun Banyu Nibo dan Gunung Kotak. Pemandangan yang didapat dari puncak bukit adalah hamparan tebing-tebing purba, hutan, sawah, dan juga sebagian dari Kota Wonogiri. Wisatawan bahkan juga dapat melihat birunya air Waduh Gajah Mungkur di kejauhan apabila cuaca sedang cerah.

Ada beberapa puncak bukit yang dapat wisatawan pilih untuk dikunjungi, bukit-bukit tersebut hanya dapat diakses dengan berjalan kaki sejauh kurang lebih 500 meter. Deretan sawah tadah hujan milik warga desa akan menjadi pemandangan yang menemani sepanjang pendakian menuju puncak bukit. Untuk saat ini kawasan kampung Batu masih dibiarkan alami, belum dikelola warga sehingga wisatawan harus berhati-hati ketika mengunjunginya. Untuk parkir serta tiket masuk juga belum ada tarikan retribusi khusus.

Sesampainya di atas bukit kita akan disuguhi pemandangan hamparan tebing kars dari jaman purba yang menjulang gagah dan curam namun sangat kontras dengan pepohonan sekitar yang segar menghijau. Bukit yang menjadi tujuan wisata juga tidak berdiri sendirian melainkan dikelilingi oleh bukit-bukit lain, sehingga masyarakat sekitar menyebutnya sebagai Kampung Batu. Tempat ini biasanya juga digunakan sebagai jalur olah raga ekstrem motorcros.

Kampung Batu merupakan lokasi yang pas untuk melihat sunrise dan sunset. Pada saat matahari terbit pengunjung dapat menikmati pemandangan matahari terbit dari celah-celah bukit dan muncul dari permukaan air Waduk gajah Mungkur, dimana sejauh mata memandang akan bebas merasai langit yang kuning keemasan. Juga pada sore hari dapat menikamati merahnya senja menjelang matahari tenggelam dari puncak bukit.

Apabila Anda ingin berkunjung sebaiknya menghubungi warga lokal terlebih dahulu sehingga Anda akan di pandu dengan aman sampai lokasi puncak bukit. Bagi wisatawan yang takut akan ketinggian keberadaan pemandu lokal akan membantu untuk tetap merasa aman sehingga dapat menikmati liburan di Kampung Batu dengan nyaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *