Air Terjun Banyu Nibo

Salah satu wisata alam pendukung Kampung Wayang Desa Kepuhsari adalah Air Terjun Banyu Nibo. Air terjun ini tepatnya terletak di Dusun Ngluwur, Desa Kepuhsari, Kecamatan Manyaran, Kabupaten Wonogiri. Namun, ada juga yang beranggapan bahwa air terjun ini berada di Desa Karangsari, Kecamatan Semin, Kabupaten Gunungkidul, karena memang letaknya yang berada di perbatasan wilayah Wonogiri – Gunung Kidul.

Untuk menuju ke air terjun ini dari Sekretariat kampung Wayang, kita dapat menggunakan sepeda motor ataupun mobil sampai ke parkiran lokasi air terjun ini, kemudian dilanjutkan berjalan kaki sejauh kurang lebih 1 kilometer dengan lama tempuh bervariasi antara 15-30 menit. Perjalanan menuju air terjun sangat menyenangkan, kita akan melewati pematang sawah dan naik turun bukit kecil.

Air Terjun Banyu Nibo termasuk air terjum musiman, di mana curah hujan akan berpengaruh pada debit air terjun ini. Jadi untuk teman-teman yang ingin berkunjung ke Air Terjun Banyu Nibo disarankan datang ketika mulai musim penghujan, tentunya sambil memperhatikan cuaca karena jalanan menuju air terjun akan sangat licin ketika hujan turun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *