Souvenir Asian Games 2018

Indonesia tahun ini akan menjadi tuan rumah Asian Game XVIII 2018 yang akan diselenggarakan di Jakarta dan Palembang, pada bulan Agustus mendatang. Pemerintah menyiapkan venue mutakhir yang lengkap dengan segala fasilitasnya. Persiapan dilakukan dengan sangat serius agar ajang multievent regional Asia itu dapat berjalan lancar dan sukses.

Salah satu elemen penting pesta olahraga empat tahunan tersebut adalah undangan dan souvenir. Undangan menjadi aspek penting karena dikirim untuk pejabat negara peserta Asian Games dan para tamu khusus. Terlebih, undangan itu bakal diberikan kepada presiden, wakil presiden, dan pemimpin negara-negara peserta. Dan ternyata undangan serta souvenir dari ajang yang diikuti 45 negara di Asia itu dibuat warga Wonogiri.

Pembuatnya adalah Retno Lawiyani, 38, dan suaminya, Sujoko, 42, warga KepuhTengah RT 004/RW 001, Desa Kepuhsari, Kecamatan Manyaran, Kabupaten Wonogiri. Keduanya merupakan pengrajin wayang kulit dari Kampung Wayang Kepuhsari. Mereka membuat 65 set pesanan  yang terdiri dari satu undangan Asian Games 2018 berbentuk gunungan dan 3 souvenir berupa wayang mini dengan karakter maskot Asian Games 2018. Seluruh set undangan beserta souvenir telah diserahkan kepada panitia pada akhir November 2017 lalu.

Tidak menyangka karya kami akan digunakan di ajang sekelas Asian Games. Awalnya saya dapat pesanan dari seseorang yang datang langsung ke Kampung Wayang Kepuhsari. Orang itu bertanya : sanggup tidak kami membuat undangan dan souvenir Asian Games dengan spesifikasi khusus? Lalu saya menyanggupinya,” ucap Retno Lawiyani,yang sehari-hari bekerja di sanggar seni dan kerajinan miliknya, Sanggar Asto Kenyoart.

Retno menginformasikan undangan Asian Ganes 2018 berupa wayang mini yang dibuatnya dari kulit kerbau asli dengan cempurit atau gapit dari tanduk kerbau. Sedangkan untuk souvenir berupa 3 karakter wayang mini dari tiga maskot Asien Games 2018 yakni Bhin-bhin (burung cendrawasih), Atung (rusa bawean), dan Ika (badan bercula satu). Untuk pembuatannya memerlukan printer khusus yang mampu meresapkan tinta sampai di bawah permukaan kulit sehingga gambar akan awet dan tidak mudah pudar warnanya.

Souvenir Asian Games
Salah satu souvenir dan undangan resmi Asian Games 2018

(foto header dari Solopos)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *