Kunjungan PPBI Sekar Jagad di Kampung Wayang Kepuhsari

Beberapa waktu yang lalu, Paguyuban Pecinta Batik Indonesia (PPBI) Sekar Jagad melakukan kunjungan ke Kabupaten Wonogiri. Sesuai dengan namanya, PPBI Sekar Jagad ingin melihat dan mendalami batik asli Wonogiri yang lebih dikenal dengan Batik Wonogiren yang memiliki ciri khas motif remekan. Berbicara tentang batik, artinya kita berbicara tentang budaya khususnya budaya Jawa, dan hal ini akan membawa serta wayang sebagai salah satu budaya Jawa juga yang memiliki nilai adiluhung.

Pada kesempatan PPBI Sekar Jagad mengunjungi Kabupaten Wonogiri, mereka sebelumnya mengunjungi Kampung Wayang yang berada di Desa Kepuhsari Kecamatan Manyaran Kabupaten Wonogiri. Sesuai namanya, Kampung Wayang Kepuhsari ini memiliki ciri khas yang menonjolkan budaya pewayangan, mulai dari seni tatah sungging, pagelaran wayang oleh dalang dewasa maupun dalang cilik, dan didukung oleh masyarakat yang ramah serta pemandangan alam yang asri dan indah. Saat rombongan PPBI Sekar Jagad datang, mereka disambut dengan tarian Reog yang dimainkan oleh penduduk Desa Kepuhsari, pertunjukan yang atraktif ini membuat pengunjung merasa senang dan beberapa dari mereka bahkan ikut menari dan mengabadikan dalam bentuk foto. Pada saat itu suasana benar- benar menjadi cair, informal, dan kekeluargaan.

Salah Seorang Anggota PPBI Sekar Jagad Ikut Menari diiringi gamelan dan warok reog.

Kesempatan kunjungan ini tidak disia-siakan oleh Ibu Retno Lawiyani selaku pengurus Pokdarwis Tetuka dan pengelola Kampung Wayang Kepuhsari untuk mempromosikan potensi- potensi yang ada di Kampung Wayang. Pesona Kampung Wayang Kepuhsari yang sudah tersiar sampai ke luar negeri membawa banyak turis asing datang dan menginap di Kampung Wayang, keindahan alam sekitar yang berupa air terjun Banyu Nibo dan Gunung Kotak juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan untuk datang. Banyak sekolah- sekolah yang memilih Kampung Wayang Kepuhsari sebagai tempat untuk program mereka mengenalkan budaya lokal, belajar menatah dan ikut terlibat dalam kehidupan sehari- hari penduduk di Kampung Wayang tentu saja akan menjadi pengalaman yang tidak terlupakan untuk mereka. Pada saat mendengar promosi oleh pengelola, rombongan PPBI Sekar Jagad mendengarkan sambil menikmati makan ringan yang sederhana seperti kacang rebus, pisang rebus, gethuk (yang juga merupakan makanan khas Kabupaten Wonogiri), dan ditemani segelas teh panas. Menu yang sederhana ini ternyata justru memberikan kesan di hati dan lidah para pengunjung.

Acara dilanjutkan dengan melihat workshop cara membuat wayang kulit, pengunjung tampak antusias dan ingin tahu sehingga terbentuk suasana belajar yang penuh keakraban, dan ada sebagain pengunjung melanjutkan ber foto ria untuk mengabadikan momen ini. Ketua rombongan GBPH Prabukusumo pun sempat menyelipkan pujian terkait kehalusan karya tatah sungging asli Kampung Wayang ini, sebuah kebanggaan bagi para pengrajin mendapatkan pujian ini mengingat GBPH Prabukusumo memang memahami betul dunia pewayangan.

Ibu Verawati Joko Sutopo
Ibu Bupati Wonogiri, Verawati Joko Sutopo berfoto Bersama Ketua dan Pengurus PPBI Sekar Jagad.

Setelah kurang lebih 2 jam, acara kunjungan PPBI Sekar Jagad di Kampung Wayang harus berakhir, mereka akan melanjutkan kunjungannya ke Pendopo Kabupaten Wonogiri guna melihat batik Wonogiren. Walaupun hanya sesaat, kunjungan ini memberikan kesan yang baik bagi kedua belah pihak khususnya rombongan PPBI Sekar Jagad. Harapan kita semua semoga di masa depan PPBI Sekar Jagad berkenan berkunjung kembali dan ikut membantu menyebarkan berita positif ini kepada kolega mereka sehingga Kampung Wayang semakin dikenal oleh masyarakat luas.

Apakah anda sudah berkunjung ke Kampung Wayang?

ditulis oleh : Ibu Verawati Joko Sutopo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *