Satu Pengrajin Kampung Wayang Kepuhsari diundang Mengikuti INACRAFT 2018

Jakarta International Handicraft Trade Fair (INACRAFT) kembali hadir. Setelah tahun lalu diikuti oleh 500 peserta pameran dari berbagai industri kerajinan seluruh Indonesia, tahun ini panitia Inacraft 2018 mentargetkan akan diikuti oleh 1500 peserta pameran.

Inacraft 2018 dijadwalkan akan diselenggarakan selama 5 hari dari tanggal 25 April sampai 29 April 2018 di Jakarta Convention Center, Jakarta. Acara ini merupakan acara yang ke-20 kali diselenggarakan sejak tahun 1999. Melaksanakan kampanye pelestarian budaya dan modernisasi ekonomi dunia, INACRAFT memastikan keutamaan, keaslian, serta menjunjung tinggi kualitas prima dari produk yang ditampilkan dalam pameran. Pameran ini meningkatkan bisnis pengrajin lokal dan menjaga seni kerajinan mereka tetap hidup.

Pada penyelenggaraan kali ini, salah satu pengrajin Kampung Wayang Kepuhsari mendapat undangan resmi untuk menjadi salah satu peserta pameran Inacraft 2018. Ibu Retno Lawiyani pemilik Sanggar Astokenyo Art akan mengikuti pameran Inacraft 2018 dengan mendapat support langsung dari Bank BNI46 cabang Wonogiri dimana BNI adalah selaku sponsor Inacraft. Selain membawa lukisan kaca buatan beliau dan wayang kulit produksi sanggarnya, berbagai macam produk kerajinan wayang kulit hasil karya pengrajin di Desa Kepuhsari juga akan ditampilkan untuk lebih memperkenalkan potensi yang dimiliki Kampung Wayang Kepuhsari.

Bu Retno di Inacraft 2018
Bu Retno Lawiyani dan Bu Verawati Joko Sutopo, istri Bupati Wonogiri, di stand Rumah Kreatif Wonogiri

INACRAFT sendiri lahir dari pemikiran sederhana, untuk meningkatkan kesejahteraan hidup perajin dan pengusaha di bidang kerajinan di Indonesia dan memperbaiki kualitas hasil produksi dengan cara memberi wawasan ke para pengrajin malalui pameran yang melibatkan pelaku industri kerajinan di seluruh Indonesia. Hal tersebut sejalan dengan visi Bu Retno dan misi Kampung Wayang Kepuhsari untuk meningkatkan pendapatan para pengrajin tatah sungging wayang kulit di Desa Kepuhsari dengan cara aktif memperkenalkan keberadaan sentra kerajinan wayang kulit di  Kabupaten Wonogiri, khususnya melalui keberadaan desa wisata Kampung Wayang Kepuhsari.

Dengan mengikuti pameran Incraft 2018 Ibu Retno Lawiyani mengatakan bahwa beliau berharap kualitas hasil tatah sungging wayang kulit produksi Kampung Wayang Kepuhsari serta keberadaan desa wisata tersebut akan semakin dikenal masyarakat Indonesia sehingga meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kampung Wayang Kepuhsari pada khususnya dan Wonogiri pada umumnya.

Untuk informasi selengkapnya ada di website resmi Inacraft 2018

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *